Memasang iklan menggunakan media sosial merupakan salah satu cara ampuh untuk
memperkenalkan produk Anda. Salah satu media sosial yang bisa dijadikan sarana untuk memasang
iklan adalah Facebook. Berikut adalah cara memasang iklan di FB dengan menggunakan fitur FB
ads.
Membuka Laman Facebook Ads
Langkah pertama yang harus dilakukan saat akan memasang iklan di FB adalah membuka Laman
Facebook ads. Sebelumnya, pastikan dahulu bahwa sudah melakukan login pada akun Facebook,
sehingga bisa melanjutkan untuk membuka Laman FB ads.
Pilih Pembuatan Iklan Terpadu
Tahap berikutnya adalah buka menu kampanye dan pilih pada bagian buat iklan. Ada jenis
pembuatan iklan yang dapat dipilih, yaitu secara cepat dan terpadu. Untuk membuat iklan dengan
tampilan yang lebih baik dan berkesan, sebaiknya pilih pembuatan terpadu.
Menentukan Tujuan Iklan
Cara memasang iklan di FB yang selanjutnya adalah menentukan tujuan dari pembuatannya.
Facebook ads menyediakan beberapa kategori untuk tujuan iklan yang bisa dijadikan sebagai pilihan.
Beberapa kategori tujuan pemasangan iklan dalam Facebook ads antara lain adalah sebagai berikut.
Pertimbangan
Tujuan pemasangan iklan di Facebook berupa pertimbangan adalah untuk menarik minat seseorang
yang melihat iklan untuk membeli atau menggunakan produk. Di samping itu, pertimbangan ini juga
bertujuan untuk menarik minat dari para pengguna Facebook untuk melihat iklan yang dipasang.
Kesadaran
Kategori kesadaran bertujuan agar iklan yang sudah dipasang di Facebook ads menjadi lebih
diperhatikan oleh pengunjung. Di samping itu, kategori kesadaran ini bertujuan agar jumlah orang
yang mengunjungi iklan semakin banyak sesuai ketersediaan anggaran secara maksimum.
Konversi
Konversi memuat tujuan pemasangan iklan di Facebook ads yang dimaksudkan untuk meningkatkan
jumlah pengunjung toko. Di samping itu, tujuan iklan dalam kategori ini adalah untuk meningkatkan
jumlah pembeli produk.
Menentukan Jenis Iklan
Penentuan jenis iklan di Facebook ads berhubungan dengan jumlah biaya yang harus dibayarkan.
Jumlah dana yang harus dibayarkan nantinya berpengaruh kepada seberapa sering dan luasnya
jangkauan iklan. Berikut adalah beberapa jenis iklan yamg dapat dipilih ketika menggunakan fb ads.
Cost Per Mile
Jenis iklan Facebook ads yang satu ini sangat cocok untuk tujuan peningkatan brand awarness.
Pembayaran iklan Facebook ads jenis cost per mile yang dilakukan saat penayangan sudah
mencapai 1000 kali.
Cost Per Action
Cost per action merupakan jenis iklan Facebook ads yang pembayaranny dilakukan setiap kali ada
transaksi. Transaksi ini tidak harus selalu berupa pembelian, melainkan juga berlangganan katalog
dan pendaftaran sebagai member.
Cost Per Click
Jenis iklan cost per click ini mengarahkan pengunjung yang melihatnya untuk mengunjungi website
milik Anda. Kata yang efektif dalam iklan cost per action untuk menarik perhatian pengunjung dari
iklan ini adalah “pelajari lebih lanjut”.
Cost Per View
Jenis iklan Facebook ads cost per vie akan ditampilkan kepada pengunjung melalui video.
Pembayaran iklan akan dilakukan bergantung pada berapa jumlah view atau penonton dari video
tersebut. Iklan yang dibuat harus singkat dan jelas, sebab durasi perhitungannya adalah 10 detik.
Cost Per Like
Cost per like merupakan jenis iklan yang tepat bagi para pemula di Facebook ads. Jenis iklan ini
digunakan untuk meningkatkan brand awarness agar semakin dikenal masyarakat. Pembayaran cost
per like dilakukan sesuai dengan jumlah pengunjung yang menyukai iklan.
Pilih Jadwal penayangan
Cara pemasangan iklan di FB yang terakhir adalah memperhatikan waktu penayangannya. Jadwal
penayangan harus diperhatikan agar trafik pengunjung bisa meningkat. Perhatikan teman di
Facebook untuk bisa menentukan jadwal penayangan iklan yang tepat.
Komentar
Posting Komentar